Event

Layanan_Masyarakat_Masa_Depan_Menuju_Society_5.0
Layanan Masyarakat M...

Society 5.0 merupakan sebuah ide yang menjelaskan revolusi kehidupan masyarakat dengan adanya perkembangan revolusi industri 4.0. Masyarakat yang disebut Super Smart Society ini memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan, sehingga muncul berbagai layanan masa depan (future services) untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Beberapa sektor pekerjaan dan kebutuhan mulai memasuki digitalisasi yang memanfaatkan Artificial Intelligence, Big Data dan Internet of Things. Hal ini yang menjadi tantangan bagi layanan teknologi informasi agar kebutuhan ini dapat segera dipenuhi dengan pemanfaatan teknologi tingkat tinggi.

Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas mengadakan kembali webinar yang bertemakan " Layanan Masyarakat Masa Depan Menuju Society 5.0" dengan menghadirkan : 

Keynote Speaker 
Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. : Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB

Narasumber
1. Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo :  Bupati Sleman
2. M. Afif Bobby Nasution : Walikota Medan
3. Dr. I Made Ariya Sanjaya : CEO Kazee
4. Ronny Venir : Direktur Layanan dan Jaringan BNI

Host
Prof. Suhono H. Supangkat : Kepala PIKKC ITB

Moderator
Dr. Fetty Fitriyanti Lubis, S.T., M.T. : Peneliti PIKKC ITB

Layanan Masyarakat Masa Depan Menuju Society 5.0

Kickoff_Riset_Rating_Tranaformasi_Digital_&_Kampus_Cerdas_Indonesia_2021
Kickoff Riset Rating...

Perkembangan teknologi tidak terlepas dari kebutuhan akan penyelesaian masalah dalam berbagai aspek. Salah satu aspek yang terpengaruh paling besar dengan  adanya pandemic covid-19 adalah pendidikan. Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang biasa dilaksanakan melalui tatap muka pada akhirnya mengalami pergeseran. Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan membawa konsep baru yaitu smart campus. Smart campus merupakan konsep yang mengacu pada fasilitas-fasilitas kampus pendukung seluruh kegiatan sivitas akademika yang menggunakan teknologi sebagai tulang punggung pendukung.

Kickoff Riset Rating Tranaformasi Digital & Kampus Cerdas Indones...

ICISS_2021_:_Digital_Twin_for_Smart_Society
ICISS 2021 : Digital...

ICISS 2021 : Digital Twin for Smart Society



The fourth industrial revolution, also known as Industry 4.0, today remains a relevant phenomenon and is one of the most prominent topics internationally, both in industry and academia. The combination that can be implemented from Industry 4.0 is physical and digital technology that will lead to important changes in society and adaptation to a constantly changing environment. One of the supporting technologies for the Industrial World 4.0 is the Digital Twin. Digital Twin Technology is at the forefront of the Industry 4.0 revolution facilitated by advanced data analytics and IoT technology. Therefore, to discuss solutions to smart communities, one of the Bandung Institute of Technology research centers, namely Smart City & Community Innovation Center (SCCIC) invited Prof. Carlo Ratti as a keynote who will discuss the topic of "Digital Twin and Real Time Smart City Modeling and Operations". He is Director of MIT Senseable City Lab and Founding Partner at Carlo Ratti Associati Design and Innovation Office. This discussion will discuss insights regarding technological developments as broader knowledge for society in general and especially academics in Bandung Institute of Technology.

ICISS 2021 : Digital Twin for Smart Society

Pembukaan_Kegiatan_Riset_dan_Rating_Transformasi_Digital_&_Kota_Cerdas_Indonesia_2021
Pembukaan Kegiatan R...

Mengukur kesiapan kota cerdas di Indonesia tidak terlepas dari melibatkan berbagai aspek dan indikator, salah satunya adalah transformasi digital. RKCI 2021 secara khusus akan memberikan tempat pada proses transformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) akan dilaksanakan untuk pertama kalinya berbarengan dengan RKCI 2021. Tujuan dari RTDI adalah untuk memotret kesiapan digital kota dalam mendukung implementasi smart city di Indonesia. Jika RTDI merupakan kegiatan pertama lain halnya dengan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 (RKCI 2021)  ini merupakan kegiatan rutin dwi tahunan keempat kali, setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2015, 2017 dan 2019. Riset RTDI dan RKCI tahun 2021 ini akan diselenggarakan sebagai bentuk dari keseriusan ITB dengan tujuan memotret kesiapan digital kota dan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota, sehingga dapat dijadikan acuan bagi tata kelola kota di Indonesia.

Pembukaan Kegiatan Riset dan Rating Transformasi Digital & Kota C...