SCCIC.ID (13/11) – Efisiensi planner wisatawan Indonesia, ITB buat Trip Planner Indonesia atau Tripisia untuk mengeksplorasi sebuah destinasi. Tripisia membantu wisatawan melakukan rencana apa yang akan dilakukan, mencari akomodasi, restoran, dan acara dengan merekomendasikan itinerari otomatis berdasarkan preferensi dan budget.

Penggagas Tripisia, Sri Ratna Wulan mengatakan Tripisia hadir untuk membantu wisatawan Indonesia dalam menyusun agenda berwisatanya.

“Tahap perencanaan ini bisa jadi sangat menyulitkan jika destinasinya lebih dari satu. Ditambah lagi ketika wisatawan ini telah tiba di destinasi yang dituju. Biasanya, wisatawan direpotkan dalam mencari tempat yang akan dituju dan transportasi publik. Bantuan GPS saja belum cukup untuk menunjang kebutuhan wisatawan”. Kata Sri di kantor Smart City and Community Innovation Center (SCCIC).

Tripisia adalah sebuah platform yang bertujuan untuk mengintegrasikan data destinasi pariwisata Indonesia dan mengintegrasikan layanan pariwsata seperti akomodasi, atraksi wisata, dan tempat makan sesuai budget yang ditentukan pengguna Tripisia saat berada di lokasi wisata.

Integrasi Layanan Promosi

Selain itu, Tripisia bertujuan untuk mengintegrasikan layanan untuk mempromosikan restoran dan cafe, lokal-lokal bisnis, acara. Nantinya Tripisia juga dapat memberikan tautan jika ingin memesan hotel dalam satu tempat sehingga wisatawan hanya perlu mengeksplorasi apa yang diperlukan di dalam Tripisia.

Setup aplikasi Tripisia di smartphone Anda

Anda dapat menggunakan Tripisia di handphone Android dengan mengunduhnya di Play Store dan menginstalnya dengan register terlebih dahulu sehingga anda bisa melakukan login dalam Tripisia.

Temukan informasi yang berguna tentang tempat perjalanan Anda

Selain itu, wisatawan juga bisa mengeksplorasi informasi mengenai atraksi wisata, restoran, penginapan, cara pergi ke sebuah tempat, dan tips saat berada disana. Tripisia akan melibatkan pengguna untuk menambahkan informasi mengenai sebuah tempat atau aktivitas, dan review mengenai hal tersebut.

Selain itu, ke depannya Tripisia akan bekerja sama dengan penulis blog traveling dan membuat rekomendasi itinerary perjalanan untuk pengguna. Pembuat bisnis juga dapat mengklaim bisnis mereka, mengupdate informasi dan mempromosikan bisnis mereka. Keterlibatan ini diperlukan agar keandalan dan kelengkapan informasi bisa tercapai.

Sri menambahkan kehadiran Tripisia diharapkan mampu menjadi salah satu bagian dalam meningkatkan infrastruktur teknologi informasi untuk pariwisata dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara.