SCCIC, (25/3) – LPIK ITB bekerja sama dengan Waseda University Jepang menyelenggarakan seminar on line atau Webinar pada tanggal 26 Maret 2018. Tema yang diambil adalah bergotong royong atau Co Creation membangun Masyarakat Baru.

Webinar ini dilakukan untuk memperingati 100 tahun Pendidikan Tinggi Teknik yang jatuh pada tahun 2020 dan juga 60 tahun Persahabatan Indonesia Jepang tahun 2018.

Kedua negara mempunyai tantangan masing masing untuk bisa tumbuh berkembang. Komposisi penduduk Jepang akan lebih banyak yang tua (elderly people), sementara Indonesia sedang diberi kesempatan dengan bonus demografi.

Tantangan lain adalah berkembangnya teknologi baru yang telah dan akan “mendirupsi” tatanan masyarakat yang ada.

Munculnya IoT, Big Data dan Artificial Intelligent akan menambah tantangan membangun kedua negara.

Lapangan pekerjaan , hubungan manusia dengan mesin, mesin dan mesin akan saling kait mengkait yang mungkin mengubah tatanan baru hubungan kedua belah pihak.

Persahabatan Jepang dan Indonesia yang sudah genap 60 tahun tentu perlu ditingkatkan sesuai dengan tantangan yang ada.

Kerjasama yang memberi keuntungan kedua belah pihak perlu terus dikaji.

Webinar dengan tajuk “Co creation” untuk membangun masyarakat baru ini diupayakan untuk tujuan diatas.

Menjadi Nara Sumber dalam Webinar ini diantaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bambang Brojonegoro, Wakil Menteri Dalam Negeri dan Komunikas Jepang , Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional Indonesia Hendri Saparini, Prof Toshio Obi Waseda University, Prof. Suhono H. Supangkat ITB dan juga Direktur MRT Jakarta, Dr. Agung Wicaksono