Rini Tunjuk Guru Besar ITB Jadi Komisaris KAI

SCCIC, (27/3) – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno selaku wakil pemerintah dalam pemegang saham PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mengangkat Suhono Harso Supangkat sebagai Komisaris. Selain itu, Suhono juga ditunjuk sebagai pelaksana tugas Komisaris Utama KAI.

Sebagai informasi, Suhono merupakan Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia merupakan pencetus ide smart city pendukung pembangunan berkelanjutan.

Penyerahan salinan keputusan Menteri BUMN dilakukan oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Ahmad Bambang di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat pada Selasa (27/3/2018).

“Melalui pengangkatan Komisaris Utama ini diharapkan kerja sama Direksi dan Dewan Komisaris semakin solid untuk mendukung kemajuan dan ekspansi KAI,” ujar Ahmad Bambang dalam keterangan tertulisnya.

Acara ini dihadiri oleh jajaran Dewan Komisaris dan Direksi KAI serta pejabat dan pegawai Kementerian BUMN.

Pria yang akrab disapa Abe menyampaikan bahwa kemajuan teknologi mengubah kebiasaan penumpang. Tuntutan kemajuan khususnya di bidang angkutan untuk dapat diintegrasikan dengan hunian.

Ia juga mengatakan bahwa BUMN harus mampu untuk mendeklarasikan green, renewable energy dan smart city./detik.com