Mewakili seluruh masyarakat Kota Semarang, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas yang telah menunjuk Kota Semarang sebagai tuan rumah Forum Prakarsa Indonesia Cerdas Ke-4.

Tentu saja besar harapan saya jika kegiatan Forum Prakarsa Indonesia Cerdas ke-4 yang akan diselenggarakan di Kota Semarang, pada tanggal 10-12 Oktober 2018 ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam pengembangan Indonesia menjadi lebih baik dan lebih hebat, termasuk Kota Semarang.

Terlebih tema kegiatan kali ini yaitu “Inovasi Menuju Kota Cerdas dan Masyarakat (Society) 5.0” sesuai dengan konsep pembangunan Kota Semarang yang mengusung semangat Bergerak Bersama. Secara lebih luas keterlibatan masyarakat dalam upaya pembangunan kota cerdas juga sesuai untuk merepresentasikan budaya gotong royong yang menjadi kekhasan masyarakat Indonesia.

Maka mengingat itu semua, forum ini menjadi sangat penting sebagai tempat berdiskusi agar teknologi dapat benar-benar menjadi instrument bersama masyarakat dalam mencapai sebuah tujuan positif, entah itu dalam ruang lingkup Negara secara luas, Provinsi, Kota, Kabupaten, hingga komunitas-komunitas masyarakat.

Optimisme saya atas dampak positif yang bisa didapatakn daru forum ini didasari oleh konsistensi dalam penyelenggaraannya. Sejak digulirkan 4 tahun lalu, Forum Indonesia Cerdas telah menginspirasi seluruh pihak untuk dapat menginisiasi sebuah Smart Society dalam berbagai tingkatan. Hal tersebut pula kemudian juga menjadi pendorong terjadi pertumbuhan ekonomi dari pengembangan potensi-potensi yang sebelumnya belum secara maksimal tergarap.

Selain itu, kegiatan ini menjadi penting juga karena akan diadakan forum Konferensi Internasional ICT for Smart Society dengan mengundang berbagai penggiat ASEAN Smart City, serta berbagai perwakilan berbagai negara lainnya.

Untuk itu saya mewakili seluruh masyarakat Kota Semarang dan penyelenggara mengundang rekan-rekan Pemerintah, Swasta, Perguruan Tinggi, dan Komunitas lainnya untuk hadir dalam kegiatan ini.

Wali Kota Semarang,

 

 

Hendrar Prihadi, SE.MM.