Covid 19 telah mendera seluruh dunia termasuk Indonesia. Dilaporkan sudah menyebar ke 213 negara dan sudah menjangkiti lebih dari 111 juta orang dengan kematian sebanyak 2,45 juta orang. Sementara di Indonesia pada saat yang sama mencatat lebih dari 1,26 juta kasus dan 34.000 jumlah kematian dengan (CFR 2.7%). Hal ini berdampak ke beberapa sektor, menurut data (BPS, 2020) di kuartal IV tahun 2020, Indonesia masih mengalami resesi dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional mencatat sebesar -2,9%. Hanya sektor pertanian yang menunjukkan pertumbuhan positif dengan nilai sebesar 2,15% dan sektor lainya masih menunjukkan pertumbuhan negatif. Untuk itulah sektor lainnya seperti peradangan dan konsumsi rumah tangga harus segera dipulihkan mengingat penopang perekonomian Indonesia terletak di sektor UMKM. Pertukaran uang yang beredar di masyarakat di sektor ini yaitu sebesar 97% terhadap perekonomian Indonesia dan pasar merupakan salah satu jantung dari Pusat UMKM yang ada di masyarakat karena menopang beberapa lini. Pasar harus mengalami transformasi untuk menjawab permasalahan mengapa orang cenderung enggan untuk membeli barang rumah tangga di Pasar.

Pemberian pelatihan.

PIKKC adalah Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas yang berada di bawah naungan ITB. PIKKC didirikan dalam semangat menemukan dan menawarkan solusi atas masalah maupun tantangan yang dihadapi kota (atau desa, kabupaten, negara, dan lainnya), pada saat yang sama menghasilkan publikasi ilmiah sebagai kontribusi nyata terhadap ilmu pengetahuan. Saat ini PIKKC telah mengembangkan sebuah produk yang berfungsi untuk melakukan crowd understanding yang diberi nama VIANA: Video Analytics with AI. Sebagai solusi bagaimana pasar bertransformasi dan kokoh terhadap kondisi apa pun bahkan di situasi pandemi seperti sekarang, PIKKC dengan berkontribusi dalam implementasi produk Viana di lingkungan pasar dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan tujuan membantu ekosistem UMKM dalam pembangunan sistem pasar cerdas untuk memastikan wilayahnya menggunakan protokol kesehatan secara baik dan taat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman mengunjungi pasar.
Pada tahun 2021 ini, melalui program pengabdian masyarakat pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi, PIKKC membantu koperasi Bumi Sariwangi Mekar di Kabupaten Bandung Barat dalam pengembangan layanan fresh market yang aman dan nyaman. Kegiatan ini meliputi pemasangan jaringan CCTV dan pusat data, paparan dan demonstrasi fungsi-fungsi pada sistem Viana (Produk Karya Cipta PIKKC) dan manfaatnya untuk monitoring kawasan dan pendampingan untuk masyarakat dalam hal pembuatan SOP dan prosedur mitigasi jika terjadi kejadian yang tidak normal sepanjang tahun 2021. Pemberian pelatihan kepada peserta tentang cara instalasi dan memasang sistem VIANA dilingkungannya pun dilakukan pada 27 November 2021 di Saung Sawarga Desa Sariwangi.

Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian masyarakat PIKKC dengan tujuan membantu ekosistem UMKM dalam pembangunan sistem pasar cerdas untuk memastikan wilayahnya menggunakan protokol kesehatan secara baik dan taat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman mengunjungi pasar. Produk Viana dapat diaplikasi untuk studi kasus lainnya di skala yang lebih besar seperti supermarket atau kluster UMKM lain untuk memastikan kondisi di wilayahnya aman dan nyaman. Pengembangan ke depan produk ini dapat dikembangkan untuk keperluan lain seperti mendeteksi tingkat demografi pengunjung, tingkat kebahagiaan, posisi mana yang paling ramai, item mana yang sering dilihat, dan aspek aspek-aspek lainnya yang dapat meningkatkan performansi dari iklan dan penjualan menggunakan input berupa video melalui CCTV yang sudah dipasang.