Smart Healthy

Dampak dari pandemi COVID-19 sangat terasa diberbagai aspek, termasuk pada layanan kesehatan itu sendiri. Dengan diberlakukannya protokol kesehatan, RS maupun layanan kesehatan lainnya dituntut untuk terus berinovasi menjaga kualitas layanan namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu bentuk inovasi yang mendukung layanan kesehatan saat ini adalah Telemedicine. Yang pengaplikasiannya akan lebih memudahkan pelayanan terhadap pasien, terutama layanan kesehatan medis jarak jauh.

Dengan fitur yang akan memudahkan komunikasi jarak jauh ini, diharapkan pelayanan kesehatan akan berubah sesuai dengan perubahan trend teknologi yang terus berinovasi.

Telemedicine adalah layanan komunikasi yang menggunakan media telekomunikasi dan teknologi informasi untuk menyediakan informasi medis melalui layanan kesehatan jarak jauh.
Telemedicine mencakup 3 sisi yang saling terkait satu sama lain, yakni pasien, dokter, dan rumah sakit dengan menggunakan jaringan internet untuk berkomunikasi atau berinteraksi atara profesional kesehatan (dokter atau tenaga medis lainnya) dengan pasien.

Dalam pelaksanaan layanan jarak jauh ini, telemedicine mampu melayani komunikasi audio, visual, grafik, data, perawaran, diagnosis, pengobatan serta pertukaran data medis secara jarak jauh dengan menggunakan perangkat-perangkat telekomunikasi yang meilbatkan pihak kesehatan yang bersangkutan.

Terdiri dari 3 macam user (pasien, dokter, admin), yang masing-masing memiliki dashboard yang berbeda sesuai dengan kebutuhan tiap user.

  1. ADMIN : fitur yang ditampilkan seperti Admin, Dokter, Pasien, News, Telekonsultasi, Payment, Jadwal Pasien, Jadwal Dokter,Assesment Pasien, Antrian Pasien, History&Log Activity, Konfigurasi, Konfigurasi Akun.
  2. DOKTER : fitur yang ditampilakan antara lain Jadwal Dokter, Dokter, Jadwal Telekonsultasi, Antrian Pasien, History&Log Activity, Rekam Medis.
  3. PASIEN : fitur yang ditampilkan antara lain Dokter, Jadwal Dokter, Jadwal Telekonsultasi, Konfirmasi Pembayaran, Antrian Pasien, News.

Categories

PIKKC adalah Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas yang berada di bawah naungan ITB. PIKKC didirikan dalam semangat menemukan dan menawarkan solusi atas masalah maupun tantangan yang dihadapi kota (atau desa, kabupaten, negara, dan lainnya), pada saat yang sama menghasilkan publikasi ilmiah sebagai kontribusi nyata terhadap ilmu pengetahuan.

  • Gedung Achmad Bakrie, Labtek VIII Lt.3 Jl. Ganesha No. 10 Bandung 40132 Jawa Barat - Indonesia
  • sekretaris@sccic.itb.ac.id
  • 022-2534238

LINKS

© Copyright 2020 Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas