Tingkatkan Efisiensi Layanan Publik melalui Teknologi Informasi di Era Society 5.0

Bandung, 29 September 2021 – Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (PIKKC-ITB) melaksanakan kembali agenda tahunan yaitu Goesmart 2021 dengan tema Indonesia Goes to Indonesia 5.0. Goesmart 2021 merupakan rangkaian kegiatan webinar series yang akan membahas topik-topik terkait persoalan kota dan membahas solusi dari berbagai sudut pandang. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara Riset Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 yang telah dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin pada tanggal 2 Agustus 2021 lalu. 

Webinar “Layanan Masyarakat Masa Depan Menuju Society 5.0” merupakan seri kedua dari rangakaian kegiatan Goesmart 2021 yang dihadiri oleh narasumber pelayanan publik di bidang pemerintah dan kepala daerah antara lain Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA (Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB) Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo (Bupati Sleman), M. Afif Bobby Nasution (Walikota Medan).

Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA menyatakan bahwa pemerintah memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan publik berkualitas yang memberikan kepuasan dan kebahagiaan. Pada era transformasi digital ini tentunya pelayanan publik perlu beralih memberikan inovasi layanan yang memanfaatkan teknologi komunikasi. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB telah memberikan beberapa program untuk meningkatkan pelayanan publik seperti mal pelayanan publik, Jabar Digital Service, Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan SP4N-Lapor.

Kepala PIKKC ITB, Prof. Suhono H. Supagkat mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kontribusi dalam transformasi menuju Indonesia yang lebih cerdas. 

“Sebagai salah satu faktor pendukung dalam mensejahterakan masyarakat, pelayanan publik merupakan salah satu faktor utama dalam mendukung era Society 5.0” ungkap Suhono.

Society 5.0 adalah masyarakat modern yang sangat erat kaitannya dengan penggunaan dan pengembangan teknologi dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Hal ini sudah tampak pada kehidupan kita, bahkan di era pandemi Covid-19 ini justru mempercepat masyarakat untuk lebih adaptif, melakukan transformasi digital di berbagai sisi kehidupan, mulai dari transformasi digital dalam bisnis korporat, operasional Pemerintah Pusat dan Daerah, proses bisnis UMKM, hingga kebutuhan masyarakat yang seluruhnya dapat dipenuhi melalui aplikasi smartphone seperti layanan informasi dan media sosial, marketplace barang-tiket-akomodasi, jasa antar/delivery online, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini juga didukung oleh industri yang bergerak di bidang pelayanan publik antara lain Adi Sulistyowati (Wakil Direktur Utama Bank BNI) dan Dr. I Made Ariya Sanjaya (Chief Executive Officer Kazee). Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang mendukung pelayanan masyarakat di bidang keuangan, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk telah melaksanakan beberapa program untuk mengembangkan smart city di Indonesia. Pada kegiatan ini BNI bekerjasama dengan PIKKC ITB melakukan sosialisasi dan edukasi konsep smart city dalam rangka pengelolaan dan layanan keuangan daerah agar lebih efektif dan efisien.

Berbagai tantangan yang dihadapi oleh seluruh stakeholder dalam menuju Society 5.0 ini memberikan peluang bagi seluruh seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan inovasi solusi layanan yang lebih baik. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terciptanya sinergi antara pemerintah, akademisi, praktisi dan seluruh masyarakat untuk menciptakan pelayanan publik dalam menuju Indonesia cerdas.

Selengkapnya

https://www.youtube.com/watch?v=ta-eREcTAF8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *