Pengembangan Sistem Pemberian Nutrisi Tanaman Sayuran di Kebun dalam Forum Komunikasi Gunung Geulis dengan Menggunakan IoT

Smart Farming adalah sistem pertanian berbasis teknologi yang dapat membantu petani meningkatkan hasil panen secara kualitas maupun kuantitas. Tantangan penyiraman nutrisi menggunakan Internet of Things (IoT) adalah nutrisi harus bisa mengalir pada area akar-akar tanaman. Selain itu juga, perlunya pemantauan dan pengaturan nutrisi yang optimal.
Forum Komunikasi Gunung Geulis (FKGG) merupakan suatu komunitas yang menampung masyarakat tani hutan yang tersebar di kawasan kaki Gunung Geulis khususnya di wilayah Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor. Permasalahan yang sering terjadi di kebun adalah kesulitan untuk monitoring penyiraman dan membutuhkan tenaga yang banyak untuk melakukan penyiraman karena lahan yang begitu luas. Solusi yang dapat dilakukan dengan menggunakan automatic water sprinkler (alat penyiraman otomatis) nutrisi dan menjadi solusi yang dapat membantu pertanian Indonesia dalam optimalisasi, efisiensi dan efektifitas proses produksi pertanian ditambah dengan memanfaatkan solar panel sebagai sumber daya kepada sensor penyiraman otomatis dapat memudahkan petani dalam mengontrol waktu penyiraman dan volume air yang dikeluarkan. Selain itu, dengan menggunakan penyiraman otomatis dapat memangkas biaya produksi yang sebelumnya membutuhkan banyak tenaga kerja dan meminimalisir human error dalam mengoptimalkan proses penyiraman. Oleh karena itu, proposal kegiatan ini akan mengembangkan sistem pengairan lahan dan pemberian nutrisi tanaman sayuran di kebun dalam Forum Komunikasi Gunung Geulis dengan menggunakan IoT (Internet of Things).

Implementasi alat sistem pemberian nutrisi tanaman sayuran di Kebun dalam Forum Komunikasi Gunung Geulis dengan menggunakan IoT menghasilkan aplikasi mobile dan dashboard web app yang dapat memonitoring sistem pengairan lahan yaitu on/off manual, timer, dan penjadwalan (schedule) dan dosing nutrisi hidroponik berisi informasi identitas lahan dan informasi tangki pengairan hidroponik yang terdiri dari data temperatur air, pH, dan ppm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *